Tuesday 21 April 2015

Manfaat Membaca




Banyak orang mempunyai pandangan yang negatife terhadap cewek yang suka baca atau yang biasa disebut dengan kutu buku. Mungkin dari penampilan yang  berbeda dari cewek pada umumnya, atau sikap pendiam yang lebih dominan pada cewek seperti ini membuat orang canggung hanya sekedar menyapa. Tetapi taukah xpResiholic, dari sekian banyak hal negatife tentang cewek kutu buku, ada manfaat  yang perlu xpResiholic tau dari sosok cewek kutu buku. Check it out.
 

  • 1.       Sibuk membaca, terhindar dari kebodohan

Banyak orang mengira kalau dirinya merasa bodoh, apalagi soal hitung-hitungan. Tetapi pemikiran itu dapat kita ubah ketika kita belajar dengan sungguh-sungguh dan yang pasti dengan membaca. Dengan sering membaca, semakin menambah jumlah sambungan syaraf ke otak kita. Dari satu informasi tunggal, akan menyambung dengan informasi lainnya dan akan membentuk satu pemahaman yang utuh. Semakin banyak sambungan sel ke syaraf semakin cerdaslah seseorang.

  • 2.       Menyegarkan pikiran dari keruwetan dan menyelamatkan waktu agar tidak sia-sia

Membaca buku setidaknya dapat menyelamatkan xpResiholic dari manajemen waktu yang buruk.  Jika kita ingin hidup dengan efisien dan memanfaatkan waktu yang kita punya sebaik mungkin, membaca adalah solusinya.Bayangkan, berapa banyak waktu yang terbuang ketika kita terjebak macet di dalam kendaraan? Berapa banyak waktu kita yang sia-sia ketika menunggu seseorang yang tak kunjung datang?  Berapa banyak waktu yang tersita hanya karena kita datang lebih cepat dan tak tau harus melakukan apa.
Membaca dapat menyelamatkan kita dari kekosongan waktu dan kesia-siaan. Bawalah bacaan kemanapun Anda pergi. Meskipun itu hanya satu eksemplar majalah atau surat kabar.  Jangan biarkan waktu kita yang berharga akan terbuang percuma.  Mulai sekarang, jadikan bacaan sebagai alat penyelamat kekosongan waktu xpResiholic. Sehingga dengan begitu xpResiholic bisa memastikan bahwa tidak ada waktu yang terbuang percuma.

  • 3.       Membaca dapat menghilangkan kecemasan dan kegundahan

Dengan membaca, otak kita secara otomatis akan fokus pada apa yang kita baca. Ketika kita memiliki masalah, membaca dapat menjadi solusi ampuh untuk mengalihkan kegundahan hati. Apalagi jika xpResiholic membaca sesuatu yang disukai. Hilangkan gundah dengan membaca novel best seller dengan kisah menggugah atau apapun yang sobat suka. Ketika larut dalam apa yang kita baca, otak tak lagi punya kesempatan untuk memikirkan kegundahan hati.Selain itu, perasaan puas dan lega setelah membaca akan timbul sebagai dampak atas usaha sobat membaca. Bagi sebagian orang, mereka sering merasa bersalah ketika melewatkan hari atau minggu tanpa bacaan yang bermutu. Membaca membuat kita  lebih tenang karena sudah ada suatu hal positif yang kita lakukan.

  • 4.       Dapat meguasai dunia

Kemajuan tegnologi yang semakin pesat serta persaingan global menunutut para generasi muda memiliki kecerdasan serta pengetahuan luas tentang dunia. Dengan membaca kita memiliki gudang kosa kata yang sangat bermanfaat untuk bersaing di dunia Internasional. Ilmu pengetahuan dan pengalaman akan mengantarkan kita untuk menguasai dunia dengan mudah. “Buku adalah gudang ilmu”. (*/mel)


No comments:

Post a Comment