Sunday 12 April 2015

Penyebab Bau Mulut pada Balita






Bau mulut pada anak terutama pada batita sering kita temui, disebabkan pada umur batita orang tua merasa kesulitan saat membersihkan gigi anak dan hal ini sudah menjadi rahasia umum. Anak umur batita biasanya sudah bisa memilih-milih makanan yang mereka sukai terutama makanan manis seperti permen dan es cream. 

Pada masa ini orang tualah yang berperan penting untuk memperhatikan asupan makanan yang di kosumsi anak batita Anda. Hindari makanan yang memicu mudahnya berkembang biak bakteri pada mulut anak Anda terutama pada bagian gusi, gigi dan lidah. Usahakan untuk selalu membersihkan mulut batita Anda sesaat setelah makan secara bersih dan benar. 

Penyebab bau mulut tak sedap pada batita adalah dari berbagai proses yang terjadi pada rongga mulut, hidung dan juga organ tubuh yang lainnya. Pentingkah menari tau penyebab bau mulut pada batita Anda? Sebagai orang tua tentu ingin memberikan fasilitas yang terbaik untuk anak terutama anak batita Anda. Dengan hal ini di sarankan untuk selalu mencari tau apa yang menjadi penyebab keluhan pada anak batita Anda
. Ada beberapa macam penyebab yang harus orang tua kenali saat mengetahui anak batita Anda mempunyai bau mulut yang tak sedap sepanjang hari.
Penyebab bau mulut pada batita:

    Infeksi sinus, jarang di ketahui bahwa infeksi sinus yang sudah kronis menjadi penyebab bau mulut. Hal ini di anggap biasa apabila mengetahui anak batita Anda bernafas hanya dengan nafas melalui mulut karena disebabkan hidung mampet.

    Tenggorokan kering, seringnya bernafas hanya melalui mulut menyebabkan tenggorokan lebih kering, sehingga memicu bau mulut sepanjang hari.

    Amandel membesar, makanan yang tersimpan di dekat amandel yang di hasilkan dari saluran nafas dan pencernaan yang membusuk juga memicu terjadinya bau nafas tak sedap pada anak batita. Di sarankan sedini mungkin mengajarkan untuk kebersihan pada bagian mulut.

    Naiknya asam lambung, dengan gejala mual yang biasanya diikuti dengan suara serak, gelisah saat tidur, perut tidak nyaman, dan sering meludah.

Penyebab bau mulut pada batitaTentunya peran orang tua adalah hal yang paling penting dalam hal ini. Ajarkan sedari dini kebersihan anggota tubuh anak batita Anda terutama kebersihan bagian mulut. Mulut merupakan jalan makanan sebelum masuk ke lambung sehingga sangat rentan terhadap perkembangan bakteri. (net/mel)

No comments:

Post a Comment