Sunday 19 April 2015

Waspadai Gejala Penyakit Jantung




PENYAKIT jantung adalah salah satu penyakit yang perlu kita waspadai. Sebab, penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor satu dunia. Tidak hanya orang dewasa saja yang bisa terkena penyakit jantung tetapi anak yang masih dalam proses pertumbuhan pun bisa terkena penyakit jantung.
Penyakit jantung disebabkan oleh banyak faktor diantaranya gaya hidup yang tidak sehat, kurang olahraga, stres dan cara diet yang salah akan semakin meningkatkan risiko orang terkena serangan jantung.
Berikut adalah gejala awal yang sering dijumpai ketika serangan jantung menimpa seseorang:

1. Anda merasa sangat lelah
Ini adalah bentuk kelelahan yang sangat ekstrem. Banyak wanita yang tidak menyadari akan hal ini dan berpikiran bahwa mereka akan merasa lebih baik sesudahnya, tetapi dalam kenyataannya hal ini malah bisa menjadi tanda serangan jantung. Alasannya kerena tubuh kekurangan oksigen. 

2. Kaki Anda membengkak
Kaki bengkak bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti kehamilan, varises atau ketika Anda bepergian dan memiliki kemampuan terbatas untuk bergerak. Hal ini juga bisa menjadi tanda gagal jantung, suatu kondisi kronis di mana jantung memompa darah secara tidak efisien. Pembengkakan juga bisa terjadi ketika katup jantung tidak menutup normal.
Beberapa obat untuk tekanan darah dan diabetes juga bisa menyebabkan pembengkakan. Pembengkakan kaki biasanya disertai dengan gejala lain termasuk sesak napas dan kelelahan.

3. Rasa sakit yang hebat ketika Anda berjalan
Jika pinggul dan kaki Anda mengalami kram otot ketika Anda berjalan atau bergerak, kemudian merasa lebih baik ketika Anda beristirahat maka hal itu bisa jadi tanda dari penyakit arteri perifer yang juga dikenal sebagai PAD. PAD merupakan penumpukan plak lemak dalam arteri kaki yang terkait dengan risiko lebih tinggi penyakit jantung.

4. Sesak napas
Penumpukan cairan memengaruhi sisi kiri jantung yang bisa mengakibatkan mengi yang menstimulasikan asma bronkial.

5. Depresi
Depresi adalah salah satu masalah yang paling umum di dunia dan memengaruhi 19 juta orang Amerika setiap tahun. Depresi mungkin bukan tanda bahwa Anda memiliki gangguan jantung tetapi kesehatan mental terkait dengan kesejahteraan fisik. Banyak studi menunjukkan bahwa orang yang mengalami depresi memiliki risiko yang lebih besar terkena masalah jantung.

6. Kecemasan, berkeringat, mual dan menyerang Anda sekaligus
Ini adalah gejala klasik serangan panik, tetapi bisa juga gejala serangan jantung. Jika gejala jantung awal diikuti dengan sesak napas, kelelahan ekstrim atau disertai nyeri, mual atau nyeri di dada yang mungkin menyebar ke punggung, bahu, lengan, leher dan tenggorokan lebih baik Anda segera menemui dokter pribadi Anda. Menunggu lebih dari lima menit bisa mengubah peluang Anda untuk bertahan hidup. (fny/jpnn/mel)

No comments:

Post a Comment