Ketika berpikir atau membicarakan situs jejaring sosial,
mungkin yang pertama kali masuk dalam pikiran Anda adalah Facebook, Twitter,
Instagram, dan Path. Karena memang situs jeraring sosial ini lebih populer
dengan ruang lingkup yang penuh dengan penggunanya.
Sebelum Anda benar-benar untuk berkecimpung masuk ke dunia
maya khususnya situs jejaring sosial, ada baiknya Anda harus pelajari lebih
lanjut untuk mengenal jenis-jenis situs jejaring sosial untuk berinteraksi dan
berkolaborasi dengan yang lainnya.
4 Kategori Situs
Jejaring Sosial
1. Koneksi Sosial (Social Connection)
Tetap berhubungan dengan teman dan anggota keluarga adalah
salah satu manfaat terbesar dari situs jejaring sosial. Berikut ini adalah
daftar situs atau website yang paling banyak digunakan untuk membangun koneksi
sosial.
Facebook.com: Boleh dibilang Facebook merupakan situs
jejaring sosial paling populer saat ini. Facebook menyediakan cara untuk
membangun koneksi dan berbagi informasi penggunanya dengan orang-orang serta
organisasi yang mereka pilih untuk berinteraksi secara online.
Twitter: Bagi pengalaman dan Anda dapat bersaing dengan
orang lain melalui jaringan informasi real-time ini.
Google+: Situs jejaring sosial yang relatif masih baru ini
dirancang untuk memungkinkan penggunanya untuk membangun kontak lingkaran.
Dimana lingkaran ini pengguna dapat berinteraksi dan saling terhubung dengan
produk Google lainnya.
MySpace.com: Meskipun awalnya merilis sebagai situs jejaring
sosial umum, Myspace telah berkembang untuk fokus pada hiburan sosial,
menyediakan tempat untuk saling berbagi dunia hiburan seperti film, musik, dan
banyak lagi.
2. Berbagi Multimedia (Multimedia Sharing)
Situs jejaring sosial memudahkan penggunanya untuk berbagi
video dan fotografi online. Beberapa situs paling populer untuk berbagi
multimedia.
Youtube.com: Media platform sosial yang memungkinkan
penggunanya untuk berbagi konten dan tampilan video.
Flickr.com: Situs ini menyediakan pilihan yang kuat untuk
mengelola foto digital secara online dan dapat berbagi dengan orang lain.
Picasa.google.com: Serupa dengan Flickr, Picasa menyediakan
cara untuk mengatur dan berbagi foto. Ini adalah salah satu produk Google dan
Anda dapat memakai fitur “tagging” yang
terintegrasi dan berbagi ke Google+.
Profesional
Situs jejaring sosial profesional ini dirancang untuk
memberikan kesempatan bagi pertumbuhan yang berhubungan dengan karir. Beberapa
jenis jaringan ini menyediakan forum umum untuk menghubungkan para profesional,
sementara yang lain fokus pada pekerjaan atau kepentingan tertentu. Beberapa
contoh situs jejaring sosial profesional adalah:
Linkedin.com: Hingga November 2011, Linkedin memiliki lebih
dari 135 juta anggota, dimana menjadikannya jaringan online profesional
terbesar. Di Linkedin peserta memiliki kesempatan untuk membangun hubungan
dengan membuat koneksi dan bergabung dengan kelompok yang relevan.
Classroom20.com: Situs jejaring sosial yang dirancang khusus
membantu para guru untuk saling terhubung, berbagi dan saling membantu secara
khusus.
Informatif
Situs ini dirancang untuk memberikan informasi yang
bermanfaat bagi para pembacanya. Saling berbagi dan saling membantu kesusahan
orang lain, situs jejaring sosial ini dapat memberikan jawaban untuk masalah
sehari-hari Anda. Satu contohnya adalah:
SuperGreenMe.com: Komunitas online untuk para individu yang
tertarik untuk berinteraksi penghijauan bumi.
Membangun Koneksi dengan hati-hati
Ini hanya beberapa contoh kategori dari situs jejaring
sosial. Faktanya adalah terdapat banyak cara untuk terhubung antar individu
yang bisa sangat bermanfaat dan menarik. Namun, meskipun begitu Anda tetap
harus berhati-hati.
Perlu diingat bahwa tidak semua orang yang muncul di situs
jejaring sosial adalah orang-orang yang baik. Kehati-hatian dan cermat untuk
menjaga informasi pribadi Anda sangat penting jika Anda selalu terlibat dalam
kegiatan jaringan sosial. (scm/mel)
No comments:
Post a Comment