Friday 24 April 2015

Siapkan Bekal Sehat untuk Anak




Anak Anda sering sekali jajan di kantin sekolah? Hati-hati, bisa bisa anak Anda mengalami obesitas karena makanan yang dimakan tidak seperti yang dibutuhkan. Lalu bagaimana mempersiapkan bekal makan siang yang menarik bagi si buah hati?

Padahal mengkonsumsi terlalu banyak makanan cepat saji dapat mengakibatkan meningkatnya gangguan kesehatan, terutama pada anak-anak.

Pembentukan pola hidup sehat dapat diawali dengan cara yang sederhana namun berdampak, misalkan dengan mencuci tangan sebelum makan dan sebagainya. Namun satu hal yang sering dilupakan oleh masyarakat khususnya orang tua adalah membiasakan anak membawa bekal makanan dari rumah ke sekolah. Dengan bekal makanan yang sehat dan bergizi yang dibawa dari rumah akan menghindarkan anak dari kontaminasi zat berbahaya yang kemungkinan terkandung dalam jajanan sekolah.

Untuk menyemangati mereka, tak ada salahnya untuk membawakan mereka kotak makan siang lezat buatan Anda. Hanya saja, pastikan untuk menyediakan makanan yang sehat agar mereka mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk beraktivitas.

Dengan membawa bekal dari rumah, orang tua dapat memastikan kebersihan dan nilai gizi yang dikonsumsi anak. Selain itu orang tua juga dapat menanyakan ke anak bekal makanan apa yang ingin mereka bawa, sehingga dapat merangsang nafsu makan anak karena makanan yang dimasak merupakan makanan favorit dari sang anak.

Hendaknya bekal sekolah dikreasikan dalam bentuk yang menarik, mudah dibawa, mudah disantap anak, dan mempunyai cita rasa yang enak. Caranya adalah dengan menyajikan bekal yang terbuat dari bahan yang beraneka ragam tanpa meninggalkan keserasian dalam cita rasa. (mel2)

No comments:

Post a Comment