Wednesday 15 April 2015

Tips Memilih Eyeliner yang Tepat




Bentuk mata yang kurang sempurna bisa dikoreksi dengan eyeliner. Namun, pemilihannya harus tepat. Agar tak salah pilih, yuk kenali macam-macam bentuk eyeliner yang dijual di pasaran.
Selain pensil alis, eyeliner bisa dikatakan sebagai ’senjata’ bagi kaum perempuan. Sebab, dengan eyeliner, kaum perempuan bisa mengoreksi bentuk matanya yang kurang sempurna.
Berikut berbagai macam eyeliner dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, di antaranya:

1. Eyeliner Padat
Eyeliner bentuk padat sangat diminati, karena lebih mudah dan cepat penggunaannya. Eyeliner padat ini ada dua macam, yaitu berupa pensil dan colourstay yang lebih pekat. Warnanya yang ditawarkan juga bermacam-macam, mulai hitam, cokelat, putih biru, dan masih banyak lagi.
Cara menggunakan:
- Pertama-tama, raut ujung pensil eyeliner sehingga ujungnya benar-benar lancip dan siap digunakan. Setelah itu bersihkan ujung pensil eyeliner dari sisa-sisa rautan.
- Pensil eyeliner yang sudah bersih siap gunakan. Caranya, tarik garis menyamping pada mata bagian atas tepat di atas bulu mata, mulai sudut dalam hingga sudut luar mata, dengan satu garis menyambung. Usahakan sedekat mungkin dengan bulu mata atas. Ketebalan pada garis tersebut bergantung pada tekanan yang diberikan.
- Lakukan juga pada mata bagian bawah, mulai dari bagian tengah tarik garis hingga sudut luar mata.

2. Eyeliner Cair (Liquid)
Eyeliner cair atau liquid eyeliner paling tahan lama dan memiliki kepekatan paling mencolok. Eyeliner jenis ini biasanya dikemas dalam tube yang dilengkapi dengan kuas tipis.
Eyeliner bentuk cair mempunyai beberapa kekurangan, seperti terlalu transparan saat diaplikasikan dan bentuknya yang cair membuat eye liner lebih mudah menggumpal atau kering bila terlalu lama dibuka. Selain itu, kuas yang sangat lembut kadang menyulitkan saat mengaplikasikan pada garis mata.
Untuk mendapatkan hasil yang bagus, ketika menggunakan eyeliner cair, Sugi menyarankan agar mata terpejam dan biarkan beberapa saat tetap dalam keadaan mata terpejam agar eyeliner tidak belepotan ke kelopak mata.
Cara menggunakan:
- Tarik sudut mata bagian luar dengan tangan yang tidak memegang eyeliner cair. Kemudian, buat garis di atas bulu mata, mulai dari sudut dalam mata ke sudut luar mata secara menyamping. Usahakan membuat garis tersebut setipis mungkin.
- Bila ingin membentuk mata terkesan lebih naik, pertegas garis pada ujung sudut luar mata, lanjutkan dengan menambahkan bayangan di ujung mata, kemudian beri kesan sedikit lebih naik.

3. Eyeliner Krim
Eyeliner bentuk krim lebih banyak diminati, karena lebih natural dan lebih mudah digunakan. Bentuk ini dikemas dalam wadah kecil seperti eye shadow.
Beberapa eyeliner bentuk krim ada yang memerlukan kuas yang penggunaannya harus dibasahi lebih dahulu agar lebih mudah menempel pada garis mata. Tapi, ada juga yang bisa digunakan dengan kuas kering untuk menjaga agar eyeliner tidak memudar saat digunakan.
Cara menggunakan:
- Bersihkan kuas terlebih dahulu, kemudian oleskan kuas yang telah dibasahi pada eyeliner. Selanjutnya, mulai buat garis menyamping tepat di atas bulu mata.
- Bila ingin mempertegas garis tersebut, ulangi beberapa kali pada bagian tersebut. Namun, tetap harus dilakukan mulai bagian tengah. Bukan sudut dalam mata. Kemudian, gunakan cotton bud yang sudah dibasahi, usapkan secara perlahan pada bagian mata yang telah diberi eyeliner agar tampak lebih natural. (net/mel)

No comments:

Post a Comment