Tuesday 9 June 2015

Kontrol Hasrat Ngemil Malam Hari




Anda berusaha untuk tidak ngemil di tengah malam, namun godaan itu begitu besar untuk Anda? Anda bahkan selalu gagal untuk menolaknya. Akhirnya, sebuah studi terbaru dapat menjelaskan mengapa seseorang sulit untuk mengontrol keinginan makannya di tengah malam.
Para peneliti dari Brigham Young University menempatkan 15 wanita pada rencana makan yang sama dan juga melakukan scan otak saat mereka ditunjukkan serangkaian 360 gambar yang menampilkan makanan rendah kalori yang sehat dan makanan berkalori tinggi.
Mereka melakukan percobaan dua kali dalam sehari - di pagi hari dan di malam hari - selama seminggu. Para peneliti menemukan aktivitas yang lebih rendah dalam otak pada malam hari, saat menanggapi makanan berkalori tinggi dibanding di pagi hari.
Hasil itu menunjukkan bahwa pada malam hari, seseorang lebih mendambakan makanan yang lebih ringan di malam hari dibanding saat siang hari - lebih cenderung ke makanan berkalori tinggi. Respon saraf tampak "bersemangat" di malam hari, yang berarti dorongan Anda untuk terus makan lebih besar.
Salah satu peneliti dari studi ini, Lance Davidson, juga menemukan bahwa peserta lebih tergoda untuk makan, ketika mereka ditunjukkan gambar-gambar makanan di malam hari. Para peserta berpikir bahwa mereka bisa makan lebih banyak, meskipun mereka tidak terlalu lapar. (mdk/mel)




Ngemil di malam hari mendekati waktu tidur biasanya akan dihindari oleh mereka yang ingin menurunkan bobot atau menjaga berat badan ideal. Kegiatan yang satu ini dinilai bisa merugikan dan hanya akan membuat program diet menjadi sia-sia.
Namun, ngemil di malam hari sebenarnya tidak selalu harus bikin gemuk lho. Faktanya, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa ngemil di malam hari juga dapat memberikan manfaat, antara lain bertambahnya massa otot serta percepatan metabolisme khususnya di kalangan pria.
Tentu saja, ngemil yang dimaksud di sini bukanlah sembarang ngemil. Melainkan mengonsumsi makanan dengan beberapa syarat, mulai dari jumlah, jenis dan kandungan nutrisi tertentu. Ngemil "berkualitas" ini juga harus dibarengi dengan pola hidup sehat, seperti aktivitas fisik menjelang tidur atau menjaga asupan kalori setiap hari.
Simaklah 4 fakta dengan manfaat ngemil malam hari berikut:
1. Massa otot bertambah
Ngemil di malam hari dapat membantu pembentukan lebih banyak otot sehingga menambah massa otot. Para peneliti asal Belanda menemukan, ngemil makanan yang mengandung kasein, yaitu protein yang terkandung dalam susu, setelah berolahraga malam dan 30 menit sebelum tidur dapat meningkatkan sintesis protein, terutama pada pria.
2. Metabolisme lebih cepat
Pria yang ngemil pada malam hari sekitar 150 kalori memiliki laju metabolisme yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak ngemil.  Terutama jika camilannya mengandung lebih banyak protein atau karbohidrat, bukan lemak.
3. Mengurangi lapar
Ngemil di malam hari dapat mencegah terlalu lapar di pagi hari dan meningkatkan rasa kenyang di antara waktu makan di hari berikutnya. Jenis makanan tidak terlalu menjadi masalah, namun lebih direkomendasikan makanan yang mengandung protein karena dapat membentuk otot. Buah-buahan dan sayur-sayuran segar juga dapat dijadikan pilihan.
4. Mengurangi berat badan
Mengunyah sereal di malam hari mungkin baik untuk mengurangi berat badan. Orang yang mengonsumi sereal sebelum tidur dapat mengurangi berat badannya sekitar 900 mg dalam empat minggu, sementara mereka yang tidak hanya berkurang sekitar 200 mg. Tentunya, pengurangan berat badan juga perlu disertai dengan olahraga dan membatasi asupan kalori. (hlt/mel)
 

No comments:

Post a Comment