Friday 12 June 2015

Membedakan Perak Asli dan Palsu






Saat ini harga emas sedang menaik sehingga semakin sulit untuk dijangkau. Oleh sebab itu, kebanyakan orang mulai beralih pada perhiasan silver yang harganya lebih murah dari pada emas tetapi tetap terkesan elegan.

Toko yang jual perhiasan perak memang tidak sebanyak toko perhiasan emas namun jika memang berniat membeli perak belilah di toko perhiasan perak yang memang sudah ahli menangani logam perak. Karena seringkali toko emas juga menjual perhiasan silver meski sedikit. Dengan membeli di toko khusus jual perhiasan perak, keasliannya lebih terjamin. Dengan demikian, pembeli dapat membedakan antara perak asli dan palsu. Mereka biasanya memiliki alat pendeteksi perak yang bisa digunakan untuk menjamin keaslian perhiasan tersebut. Salah satunya adalah batu pendeteksi. Perhiasan silver digesekkan pada batu tersebut. Warna gesekan akan menentukan apakah perak itu asli atau tidak.

Cara kedua untuk membedakan perak asli dan palsu adalah dari capnya. Perak asli biasanya memiliki cap 925 yang berarti terdiri atas 92,5% perak murni dan 7,5% logam tambahan. Cap tersebut memang terlihat sangat kecil sehingga pembeli harus lebih teliti melihatnya.

Perak asli dan palsu bisa juga dibedakan dari warnanya. Namun hal ini agak sulit dilakukan oleh orang awam karena perbedaan warnanya tidak terlihat jelas. Hal lain yang lebih mudah dilakukan adalah dengan menggosokkan lap kain ke perhiasan silver itu. Logam perak mudah teroksidasi jika terkena udara luar. Jika lap kain menjadi kehitaman maka bisa disimpulkan bahwa perhiasan itu terbuat dari perak asli.

Selain itu, membedakan perak asli dan palsu bisa menggunakan magnet. Apabila perhiasan menempel kuat di magnet, maka patut disangsikan apakah perhiasan itu terbuat dari perak asli. Karena bisa saja perhiasan itu terbuat dari besi atau baja yang sekilas mirip dengan perak.

Berikutnya adalah cara yang ilmiah untuk membedakan perak asli dan palsu. Cara ini lebih sulit dilakukan tapi lebih akurat hasilnya yakni dengan membandingkan massa jenis. Massa jenis perak bernilai tertentu. Pertama, timbang massa perak lalu ukur volumenya dan hitung massa jenisnya. Jika nilainya sama dengan massa jenis perak maka perhiasan itu perak asli dan sebaliknya.

Perhiasan perak asli biasanya tidak menyebabkan iritasi pada kulit. Jika pemakai merasa kulitnya gatal atau merah di bagian yang terkena perhiasan maka bisa jadi perhiasan itu terbuat dari logam lain. Pada akhirnya, hati-hati perhiasan silver Anda hanyalah silver plating atau hanya bagian luarnya saja yang perak. Belilah di toko perhiasan perak yang berpengalaman untuk menjamin keasliannya. (net/mel)

No comments:

Post a Comment