Tuesday 21 July 2015

Turunkan Berat Badan Tanpa Kelaparan




MENGURANGI berat badan tanpa kelaparan? Memang bisa ya?  Berikut adalah tips untuk mengurangi berat badan tanpa harus kelaparan.

1. Tata piring sayuran Anda secara artistik
Dalam sebuah studi yang dilakukan University of Oxford, subyek dalam satu kelompok menerima salad diatur menyerupai lukisan artistik. Kelompok kedua diberikan salad sayuran yang ditampilkan berbaris dalam barisan yang rapi. Salad dalam kelompok ketiga yang disajikan secara menumpuk. Meski semua salad mengandung bahan dan bumbu yang identik, salad artistik dinilai terbaik oleh subjek dengan selisih hampir 20 persen.
Bahkan mereka bersedia membayar dua kali lebih banyak untuk versi lukisan salad tersebut. Intinya Jika Anda mencoba untuk mengonsumsi makanan sehat lebih sering sebaiknya Anda menata piring makanan secara indah dan artistik.

2. Makan sebelum Anda berbelanja
Sebuah studi tahun 2013 dari Cornell University meminta relawan untuk berpuasa selama lima jam dan diminta untuk melakukan pembelian di pasar makanan simulasi. Kelompok puasa membeli 18,6 persen lebih banyak makanan, termasuk makanan yang mengandung kalori seperti keripik, es krim dan cracker. Untuk itu cobalah konsumsi sesuatu sebelum Anda berbelanja untuk mencegah rasa lapar.

3. Luangkan sedikit waktu di bawah sinar matahari pagi
Waktu, intensitas dan panjang eksposur cahaya siang hari secara signifikan bisa memengaruhi berat badan Anda. Peneliti di Northwestern University menemukan bahwa dibandingkan dengan orang-orang yang mendapat sebagian besar paparan cahaya disiang hari, mereka yang menikmati cahaya terang di pagi hari memiliki BMI yang lebih rendah. Hal ini disebabkan karena cahaya memengaruhi ritme sirkadian tubuh kita yang mengatur metabolisme dan berat tubuh. Peneliti menyarankan sebaiknya Anda mendapatkan 20 sampai 30 menit paparan sinar matahari antara pukul 8 pagi dan siang hari.

4. Jangan makan sambil terganggu
Jika Anda berselancar di web saat Anda makan maka Anda bisa mengonsumsi lebih dari yang Anda perkirakan. Jadi sebaiknya konsumsilah makan siang Anda tanpa memeriksa email atau melakukan apa pun kecuali makan, itulah strategi makan siang terbaik untuk menstabilkan berat badan Anda. (fny/jpnn/mel)


Pilih Cemilan yang Sehat

Cemilan sehat dan mengenyangkan saat sedang diet yang tidak bikin gemuk. Cemilan atau camilan merupakan makanan kecil memang hampir tidak dapat dipisahkan dari kegiatan santai seperti saat menonton televisi, kegiatan membaca buku-buku novel kesayangan, nongkrong bareng bersama teman dan saat-saat santai lainnya
Meskipun mengemil adalah kegiatan yang mengasyikkan sebagai salah satu cara untuk menunda lapar, namun memilih cemilan yang kurang cermat justru dikhawatirkan bisa berdampak negatif bagi kesehatan. Dampak tersebut bisa dikarenakan beberapa faktor, diantaranya seperti memiliki cemilan tersebut memiliki kadar gula yang banyak, kandungan lemak dengan tingkat kolesterol yang tinggi serta berbagai macam zat lainnya yang bisa menyebabkan naiknya berat badan.

1. Smoothie Bluberi = 93 kalori
Cemilan sehat yang pertama adalah smoothie bluberi. Minuman ringan ini mengandung banyak kalsium dan antioksidan yang baik untuk tulang sekaligus mampu menangkal zat radikal bebas dalam tubuh yang menjadi salah satu sumber penyebab kanker.

2. Satu Cup Es Krim = 100 kalori
Es krim adalah salah satu jenis makanan ringan yang bisa dikatakan paling populer dan paling digemari oleh semua orang di dunia. Melihat es krim mungkin yang terbersit di benak kamu adalah makanan yang kaya akan lemak. Namun hal tersebut belum tentu benar karena kini es krim juga tersedia dengan jenis rendah kalori serta rendah lemak (low fat).

3. Yogurt dan keju = 99 kalori
Seperti kita tahu, kedua makanan tersebut merupakan makanan yang banyak mengandung sumber kalsium yang baik untuk tubuh dengan kalori yang rendah. Meskipun demikian, tentunya yogurt dan keju akan jauh lebih enak disantap apabila dikombinasikan dengan makanan lainnya seperti sereal atau biskuit yang banyak mengandung magnesium dan fosfor. Selain membuat yogurt dan keju menjadi kaya akan rasa, zat magnesium dan fosfor juga mempermudah tubuh untuk menyerap kalsium dan mineral.

4. Kacang Almond (14 butir) = 98 kalori
Kamu pasti tau dong jenis kacang yang satu ini. Kacang dengan bentuk lonjong dengan kulit yang keras ini merupakan jenis makanan ringan yang bisa menjadi rekomendasi camilan menyehatkan yang bisa kamu konsumsi saat sedang bersantai. Tapi ingat ya, jangan mengkonsumsi melebihi 14 butir supaya kandungan kalorinya masih tetap dibawah angka 100. 

5. Biskuit = 100 kalori
Kandungan biskuit menurut para ahli hampir sama dengan kandungan segelas susu yang dapat memenuhi kebutuhan kalsium bagi tubuh. Jika kamu senang mengkonsumsi biskuit, maka sebaiknya pilihlah biskuit yang memiliki takaran dan perbandingan yang pas dengan segelas susu, contohnya satu kemasan biskuit 75 gram setara dengan segelas susu. (bba/mel)
 

No comments:

Post a Comment