Tuesday 21 July 2015

Tetap Fit Meski Anda Sibuk




DEADLINE pekerjaan, mengurus anak dan beberapa aktivitas yang menyita waktu kadang membuat kita lupa dengan kondisi kesehatan. Jarangnya berolahraga, ditambah pola makan yang buruk akan berdampak besar bila hal tersebut terus-menerus terjadi.
Jangan anggap remeh kesehatan Anda, itu sebabnya sangat penting untuk tetap fit di tengah aktivitas yang padat. Kondisi ketahanan tubuh setiap orang tentunya berbeda-beda, namun tidak ada salahnya menjaga kesehatan untuk menghindari diri dari beragam penyakit yang berbahaya.
Lalu adakah cara jitu untuk menjaga kesehatan tubuh dan agar sistem kekebalan tubuh tetap bisa berfungsi dengan baik walaupun aktivitas yang kita jalani sangatlah padat?
Berikut ini beberapa cara agar kondisi tubuh Anda tetap fit walaupun Anda disibukkan dengan jadwal pekerjaan yang sangat padat.

1. Minum Air
Dengan selalu memiliki air minum di tangan, Anda akan lebih mungkin untuk melewati soda atau minuman manis lainnya yang tentunya akan menghemat satu ton kalori. Selain itu tetap terhidrasi bisa membantu Anda tetap fokus.

2. Plan Ahead
Pada hari Minggu, jadwalkan satu atau dua jam untuk menyiapkan beberapa makanan ringan untuk Anda konsumsi sepanjang minggu. Hal itu akan membantu Anda menghindari memesan makanan fastfood dan makanan berminyak.

3. Tetap bergerak
Meskipun Anda ingin melakukan olahraga beberapa kali per minggu, kadang-kadang hal itu tidak mungkin And lakukan mengingat kesibukkan Anda. Namun walaupun Anda tidak sempat untuk berolahraga pastikan untuk bergerak lebih sepanjang hari. Anda bisa melakukan ini dengan bermain dengan anak-anak Anda, naik tangga dan berjalan.

4. Tidur
Lelah meningkatkan kadar hormon stres kortisol yang bisa menyebabkan Anda makan berlebihan. Tidurlah secara tepat waktu maka Anda akan melihat peningkatan tidak hanya dalam pengambilan keputusan tetapi juga kesabaran dan kualitas kerja Anda juga.(fny/jpnn/mel)


Jalan kaki, Alternatif Jaga Kebugaran

Olah raga tidak harus menghabiskan waktu satu jam atau lebih agar dapat menghasilkan manfaat bagi kesehatan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan terhadap wanita, bahwa latihan fisik atau olah raga ringan yang dilakukan sampai dengan setengah jam per hari pun dapat menambah kebugaran peserta secara signifikan bila dibandingkan mereka yang tidak.

Jalan kaki - olah raga ringan nan bermanfaat
Jenis olah raga ringan yang dimaksud adalah berjalan. Hampir dapat dipastikan bahwa berjalan adalah aktivitas fisik yang cocok bagi semua orang dan usia. Menyisihkan waktu untuk berjalan secara teratur dapat membantu Anda menurunkan lemak tubuh, menjaga berat badan seimbang, menambah kebugaran dan mengurangi resiko terkena beberapa penyakit seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan osteoporosis.
Berjalan adalah olah raga yang simpel dan memerlukan peralatan minim. Selain itu, dapat dilakukan fleksibel. Saat Anda sedang bekerja atau istirahat, kegiatan fisik ini dapat Anda lakukan. Bila ruangan kantor Anda hanya beberapa lantai dari basemen, Anda dapat menggunakan tangga ketimbang lift. Atau bila Anda biasa memesan makan siang lewat office boy, sekarang Anda dapat mengambilnya sendiri. Yang penting, gunakan waktu Anda untuk berjalan jika memungkinkan.

Manfaatnya bagi kesehatan
Berjalan merupakan aktifitas olah raga ringan yang bermanfaat bagi kesehatan, namun kita sering tidak menyadarinya karena efeknya kecil namun pasti bagi tubuh kita. Saat berjalan, kita membawa berat badan kita sendiri. Hal ini dapat diibaratkan dengan latihan beban. Dengan demikian, berjalan dapat:
1.       Meningkatkan kesehatan paru dan jantung
2.       Mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke
3.       Mengontrol hipertensi (tekanan darah tinggi), kolesterol tinggi, nyeri sendi dan otot atau kekakuan, dan diabetes
4.       Menguatkan tulang dan meningkatkan keseimbangan
5.       Menambah dan melatih kekuatan otot dan daya tahan
6.       Mengurangi lemak tubuh

Jika tujuan Anda adalah untuk menurunkan berat badan, maka Anda perlu melakukan aktivitas fisik selama lebih dari 30 menit setiap hari. Aktivitas fisik atau olahraga ringan yang dijalankan secara bertahan dan rutin juga merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk membantu menurunkan berat badan bagi mereka yang kelebihan, dan menjaga berat badan tetap seimbang bagi mereka yang berat badannya ideal.

Akhirnya, berjalan adalah olah raga ringan dan mudah dilakukan oleh semua orang yang dapat menjaga kebugaran tubuh dan sejumlah manfaat lainnya. Namun, untuk mendapat manfaat yang lebih berarti bagi kesehatan tubuh, olahraga ringan ini harus dilakukan secara rutin dengan durasi yang cukup. (net/mel)
 

No comments:

Post a Comment