Thursday 19 March 2015

Hindari Jus Buah Kemasan!




Membuat sendiri jus buah segar memang banyak membutuhkan waktu dan penggunaan peralatan seperti juicer atau blender. Jadi bagi yang selalu sibuk, cara ini dianggap ribet dan buang-buang waktu. “Kalau banyak jus dijual dalam kemasan, kenapa harus membikin sendiri?”, adalah salah satu alasannya. Ya, dalam dunia yang serba cepat saat ini, kebanyakan orang lebih memilih untuk sesuatu yang cepat untuk segalanya.
Jus buah kemasan adalah salah satu item produk yang sudah banyak tersedia ditoko, dan dijual dengan harga yang terjangkau. Namun pertanyaanya, apakah jus kemasan pabrik itu benar-benar sehat bagi kita?.
Memilih makanan yang sehat adalah sudah menjadi kebutuhan banyak orang saat ini. Karena gaya hidup kita yang sibuk, banyak orang berpikir untuk minum segelas jus buah kemasan karena dianggap sudah setara dengan makan makanan sehat dan bergizi. Sesuai dengan klaim dari produsen, yaitu produk sudah diperkaya dengan vitamin dan mineral untuk meningkatkan kesehatan.
Apakah jus buah kemasan memang benar-benar pilihan yang sehat ?. Jawabannya adalah ” Ya “, Asalkan jika jus kemasan mengandung 100 % buah tanpa bahan tambahan seperti perisa buah, gula, atau bahan pengawet, dan itupun apabila dikonsumsi dalam jumlah yang moderat.

Alasan untuk menghindari Jus Buah Kemasan:
    Selama proses pepmbuatan Jus kemasan, kulit buah umumnya akan dikupas, serta dipasteurisasi untuk mematikan bakteri berbahaya. Namun selama proses ini, sebagian besar serat dalam buah diekstrak. Kulit buah paling mengandung banyak nutrisi penting dan serat, yang akan hilang selama proses ini.
    Proses pemanasan juga akan menghancurkan mikroba menguntungkan yang terdapat dalam buah-buahan. Enzim, mineral dan vitamin juga hancur selama proses pemanasan.
    Kebanyakan produk jus buah mengandung gula tambahan atau sirup jagung fruktosa untuk meningkatkan rasanya. Hal ini akan meningkatkan jumlah kalori dari jus, dan kelebihan gula akan disimpan sebagai lemak dalam tubuh.
    Zat Aditif, perasa makanan buatan, zat pewarna, dan pengawet yang umumnya ditambahkan ke dalam makanan kemasan ini bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Jus Buah Segar
Adalah penting untuk memeriksa nilai label gizi yang biasanya dicetak dibalik kemasan jus buah. Orang lebih menyukai Jus kemasan yang 100% buah atau membuat sendiri jus segar buatan sendiri. Manfaat nya adalah berikut ini:
    The American Academy of Pediatrics (AAP) mendefinisikan jus buah alami atau 100 % konsentrat murni tanpa pemanis tambahan. Minuman apapun jika kurang dari itu dianggap sebagai minuman biasa, atau koktail .
    Studi menunjukkan bahwa minum jus buah murni segar baik untuk menurunkan berat badan dan menurunkan risiko obesitas.
    Menurut American Journal of Health Promotion, mengkonsumsi jus buah sesuai rekomendasi diet atau sebagai bagian dari sehat dan seimbang , bisa memberikan nutrisi penting tanpa mengurangi berat badan pada anak-anak.
    Antioksidan, vitamin, dan mineral dalam jus membantu membersihkan kulit, dengan demikian akan menambah kecerahan kulit.
    Jus buah membantu membersihkan sistem pencernaan dan membantu detoksifikasi hati dan ginjal. Hal ini karena buah dalam bentuk jus lebih mudah dicerna, dan baik diberikan kepada orang yang menderita mual, nafsu makan rendah, atau penyakit pencernaan lainnya. (ckm/mel)

No comments:

Post a Comment