Tuesday 24 March 2015

Pentingnya Menjaga Nutrisi Anak




NUTRISI penting dan sangat dibutuhkan oleh anak. Kekurangan nutrisi mengakibatkan rendahnya tingkat tumbuh kembang dan kualitas kecerdasan anak. Sebaliknya, kelebihan nutrisi meningkatkan risiko terkena penyakit obesitas, diabetes, dan jantung.
 
Nutrisi yang baik untuk anak adalah nutrisi yang cukup memenuhi gizi harian anak. Untuk memenuhi gizi harian, seorang anak harus mengkonsumsi berbagai sumber makanan dengan jumlah asupan yang tepat. Nutrisi yang mengandung indeks glikemik (Glycaemic Index atau GI) dan beban glikemik (Glycaemic Load atau GL) akan mempengaruhi kerja pankreas dan organ-organ lainnya akibat exposure dari gula darah yang tinggi.

“Salah satu unsur nutrisi yang paling dibutuhkan anak dalam usia tumbuh kembang adalah karbohidrat. Karbohidrat sendiri dibagi dalam beberapa jenis berdasarkan kompleksitasnya. Ada karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana sangat cepat diubah menjadi energi, misalnya berbagai jenis gula seperti glukosa, fruktosa, sukrosa, dan laktosa,” terang dr. Muliaman Mansyur, Medical Marketing Manager PT. Fonterra Brands Indonesia, dalam acara Healthy Food For Healthy Kids, Sabtu di RS Pantai Indah kapuk Jakarta.

Sementara karbohidrat kompleks, lanjut dr.Muliaman, lambat diubah menjadi energi, contohnya makanan pati dan serat, seperti umbi-umbian, buah-buahan, biji-bijian, dan sagu.

“Dalam usia pertumbuhan, yakni usia nol hingga lima tahun, membutuhkan asupan karbohidrat yang tergolong sederhana agar lebih cepat diserap menjadi energi. Namun, konsumsinya harus diperhatikan. Terutama jika berbagai jenis gula tersebut dikonsumsi secara berlebih,” katanya.

Beberapa makanan seperti biskuit, coklat dan susu pertumbuhan justru mengandung gula tambahan berlebih. Jika gula tambahan dikonsumsi secara berlebihan setiap harinya oleh anak, karena kelebihan energi pada tubuh dapat menyebabkan obesitas, karies gigi dan membangun kebiasaan pola makan yang kurang baik saat anak-anak beranjak dewasa. (okh/mel)

No comments:

Post a Comment