Sunday 22 March 2015

Penyakit-Penyakit yang Disebabkan Polusi Udara




Di dunia modern ini, pencemaran merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindarkan, baik pencemaran udara, air dan tanah. Yang namanya pencemaran, mestilah diasosiasikan dengan sesuatu yang buruk, terutama penyakit.
Berikut adalah penyakit-penyakit yang dapat disebabkan oleh pencemaran udara:

1) Bronchitis kronika
Pengaruh pada wanita maupun pria kurang lebih sama. Hal ini membuktikan bahwa prevalensinya tak dipengaruhi oleh macam pekerjaan sehari-hari. Dengan membersihkan udara dapat terjadi penurunan 40 persen dari angka mortalitas.

2) Emphysema pulmonum.

3) Bronchopneumonia.

4) Asthma bronchiale.

5) Cor pulmonale kronikum.
Di daerah industri di Republik Ceko umpamanya, dapat ditemukan prevalensi tinggi penyakit ini. Demikian juga di India bagian utara di mana penduduk tinggal di rumah-rumah tanah liat tanpa jendela dan menggunakan kayu api untuk pemanas rumah.

6) Kanker paru.
Stocks & Campbell menemukan mortalitas pada non smokers di daerah perkotaan 10 kali lebih besar daripada daerah pedesaan.

7) Penyakit jantung
Penyakit jantung juga ditemukan 2 kali lebih besar morbiditasnya di daerah dengan pencemaran udara tinggi. Karbon-monoksida ternyata dapat menyebabkan bahaya pada jantung, apalagi bila telah ada tanda-tanda penyakit jantung ischemik sebelumnya. Afinitas CO terhadap hemoglobin adalah 210 kali lebih besar daripada O2 sehingga bila kadar COI-Ib sama atau lebih besar dari 50%, akin dapat terjadi nekrosis otot jantung. Kadar lebih rendah dari itu pun telah dapat mengganggu faal jantung. Scharf dkk (1974) melaporkan suatu kasus dengan infark myocard transmural setelah terkena CO.

8) Kanker lambung
Kanker lambung ditemukan 2 kali Iebih banyak pada daerah dengan pencemaran tinggi.

9) Penyakit-penyakit lain, umpamanya iritasi mata, kulit dan sebagainya banyak juga dihubungkan dengan pencemaran udara. Juga gangguan pertumbuhan anak dan kelainan hematologik pernah diumumkan. Di Rusia pernah ditemukan hambatan pembentukan antibodi terhadap influenza vaccin di daerah kota dengan tingkat pencemaran tinggi, sedangkan di daerah lain pembentukannya normal.
Di Jepang sekarang secara resmi telah diakui oleh pemerintah pusat maupun daerah, sejumlah 7 macam penyakit yang berhubungan dengan pencemaran (pollution related diseases), yaitu:


  •     Bronchitis kronika

  •     Asthma bronchiale

  •     Asthrnatik bronchitis

  •     Emphysema pulmonum dan komplikasinya

  •     Minamata disease (karena pencemaran air dengan methyl-Hg)

  •     Itai-itai disease (karena keracunan cadmium khronik)

  •     Chronic arsenik poisoning (pencemaran air dan udara di tambang-tambang AS).

Orang-orang dengan keterangan sah menderita penyakit ini, yang dianggap disebabkan oleh salah satu macam bahaya pencemaran, akan mendapat kompensasi akibat kerugian dan biaya perawatan dari penyakitnya oleh polluters. (int/udi)

No comments:

Post a Comment