Sunday 12 April 2015

Mentega Dingin, Bikin Kue Renyah




Pernah membuat kue kering tapi tidak renyah? Mungkin ada yang salah dengan bahan yang Anda gunakan. Karena menurut pakar kuliner, bahan pembuat kue kering sangat berpengaruh pada kerenyahan kue itu sendiri.

Jika bahan yang digunakan tidak berkualitas bagus, maka kue kering pun tidak akan bisa renyah. Untuk itu, pilih lah bahan yang benar-benar berkualitas bagus jika Anda ingin membuat kue kering. Tidak tahu cara memilih bahan yang bagus?

Jika Anda tidak tahu cara memilih bahan yang berkualitas bagus, berikut ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk membuat kue kering agar lebih renyah:

1. Buat baking powder sendiri
Baking powder berfungsi untuk mengembangkan kue. Jika baking powder tidak bagus, maka kue yang dihasilkan akan bantat dan keras. Anda bisa membuat baking powder sendiri dari campuran krim tartar dan baking soda, dengan perbandingan 2:1.

2. Pakai mentega dingin
Untuk menghasilkan kue kering yang renyah, sebaiknya Anda gunakan mentega dingin dari kulkas (bukan beku). Mentega dingin akan membuat tekstur kue jadi lebih renyah dan garing. Sangat cocok untuk membuat kue kering agar lebih renyah.

3. Adonan diuleni secara perlahan
Saat menguleni adonan kue kering, jangan terlalu keras agar adonan tidak panas. Adonan yang diuleni terlalu keras akan terkena panas dari gesekan wadah dan tangan, sehingga akan menghasilkan kue yang kering dan alot. Uleni secara perlahan hingga adonan kalis.

4. Pakai susu cair dingin
Jika menggunakan susu cair, gunakan saat sudah dingin atau suhu ruangan. Hal ini bertujuan agar adonan kue kering tidak panas. Seduh susu dan biarkan beberapa saat sampai dingin, baru boleh digunakan untuk campuran adonan kue kering.
Pastikan takaran bahan yang Anda gunakan untuk membuat kue kering sudah pas sesuai dengan resep. Karena takaran bahan juga akan mempengaruhi hasil dari kue kering yang Anda buat. (cc/mel)

No comments:

Post a Comment