Friday 3 July 2015

Hal Mengejutkan Perusak Gigi




Memiliki gigi yang bagus dan tersusun rapi tentunya akan membuat Anda merasa percaya diri, terutama dalam melepaskan senyuman ke lawan bicara. Namun, secara tidak sadar Anda sering melakukan hal-hal atau mengonsumsi makanan maupun minuman yang bisa merusak keindahan gigi.
Kalau sudah begitu, tidak sedikit biaya yang akan dikeluarkan guna mengembalikan kembali keindahannya. Nah, jika Anda tidak ingin berada dalam kondisi seperti itu, sebaiknya tahu hal-hal apa saja yang bisa merusak gigi.
Berikut ini hal-hal yang perlu Anda ketahui:

1. Jus
"Jus memang kaya akan nutrisi. Namun, jus juga mengandung kadar gula tinggi. Gula ini dikonsumsi oleh bakteri dalam mulut kita dan diubah menjadi asam enamel dan bisa menyebabkan gigi berlubang," kata dokter gigi, Marc Lowenberg, DMD seperti dilansir laman Health.

2. Vitamin kunyah
Vitamin kunyah ini merupakan permen bergetah lengket yang menyebabkan gigi berlubang.

3. Saus barbekyu
Saus barbekyu berpotensi menyebabkan perubahan warna gigi dan pembusukan.

4. Buah kering
Buah kering mengandung serat non-selulosa yang menjebak gula di sekitar gigi. Hal ini tentunya akan menyebabkan gigi Anda berlubang.

5. Anggur putih
Asam yang terkandung dalam anggur putih bisa menggerogoti enamel gigi. (fny/jpnn/mel)


Minuman Energi Menodai Gigi

GIGI bernoda dapat terjadi seiring dengan bertambahnya usia, tetapi beberapa makanan, minuman, dan bahkan obat kumur bisa menodai gigi. Berikut hal-hal yang dapat membuat gigi Anda bernoda.
Bertambahnya  usia kita membuat  lapisan luar email gigi menipis. Lapisan yang mendasari, disebut dentin. Untuk mendapatkan gigi putih Anda harus menghindari beberapa hal yang dilansir oleh rxlist.
Merokok tidak hanya itu buruk bagi kesehatan Anda. Merokok adalah salah satu penyebab terburuk untuk gigi. Tembakau menyebabkan noda coklat yang menembus alur dan lubang dari enamel gigi. Noda tembakau akan sulit untuk dihapus dengan menyikat sendiri. Semakin lama Anda merokok, semakin mengakar menjadi noda. Merokok juga menyebabkan bau mulut dan radang gusi (penyakit gusi), serta meningkatkan risiko sebagian besar jenis kanker
Beberapa makanan dan minuman bisa menghitamkan gigi. Berikut ini adalah cara mudah untuk mengetahui apakah makanan tersebut bisa menodai gigi Anda. Apa pun yang bisa menodai sebuah kapas atau T-shirt putih bisa menodai gigi. Kopi, soda gelap, teh dan jus buah. Minuman tersebut mampu membuat noda gigi berkembang secara perlahan dan membuat kita jadi tampak lebih tua.
Sementara semua minuman manis tidak baik untuk gigi, beberapa minuman energi mungkin lebih buruk. Menurut satu penelitian di General Dentistry, para peneliti menemukan bahwa minuman ini dapat mengikis enamel gigi setelah penggunaan jangka panjang. Hasilnya adalah gigi tipis, tembus, dan berubah warna.
Untuk mencegah erosi pada gigi jangan duduk dan menyesap minuman-minuman ini untuk waktu yang lama. Bilas mulut Anda dengan air setelah selesai minum.
Makanan seperti seledri, apel, pir, dan wortel memicu banyak air liur yang membantu membersihkan sisa-sisa makanan pada gigi Anda. Mengunyah permen karet tanpa gula adalah tindakan pembersihan gigi dan juga memicu air liur. Ini menetralkan asam yang menyebabkan kerusakan gigi. (okh/mel)
 

No comments:

Post a Comment