Monday 20 July 2015

Stylish with Batik (Tips)


FOTOGRAFER: AKHIRUDDIN
MODEL: JASMINE OLIVIA


Batik merupakan identitas Indonesia. Kalau pintar mengkreasikan, batik yang model lama pun bisa menjadi pakaian yang bagus, bahkan bisa digunakan untuk ke acara-acara formal.
Semua itu tak terlepas dari model dan bentuk potongan batik yang digunakan. Semakin simple bentuk potongan tersebut, maka semakin elegan juga penampilan kita. Karena pada dasarnya batik sudah memiliki banyak motif yang mengidentitaskan pribadi masing-masing. Tak hanya motif, warna pun bisa menjadi alternatif pilihan ketika Anda akan mengkombinasikan batik Anda dengan jenis lainnya.
Jangan takut untuk terlihat kuno, karena Anda bisa tetap terlihat modis saat memakai batik saat beraktivitas atau bekerja. Berikut ini tipsnya.

Pilih model yang modern
Saat ini banyak busana batik yang tampil lebih modern. Anda bisa memilih busana berupa shift dress, blus lengan pendek, atau rok pensil yang dipadukan dengan blus polos. Ada pula jaket dan bolero berbahan batik yang bisa Anda padankan dengan busana lainnya.
Agar tampil modis, sebaiknya pilih padanan busana batik dengan busana berbahan polos. Hal ini agar batik tetap menjadi fokus penampilan Anda.

Perpaduan warna
Ketimbang memilih batik dalam warna cokelat atau hitam, coba saja pakai batik dalam perpaduan warna cerah yang menarik. Warna-warna terang pada busana juga bisa membuat Anda semangat bekerja.

Tambahkan aksesori
Agar penampilan batik Anda makin terlihat stylish, coba padankan dengan berbagai aksesori. Anda bisa memilih aksesori kalung besar atau gelang, tapi sebaiknya pilih salah satu saja. Karena biasanya motif batik sudah cenderung ‘ramai’, sebaiknya pilih aksesori dalam warna emas atau perak yang cenderung cocok untuk segala macam warna.

Jadikan sebagai aksen
Jika Anda tidak ingin mengenakan busana batik, maka gunakan saja batik sebagai aksen penampilan Anda. Misalnya, Anda bisa memakai scarf bermotif batik untuk melengkapi penampilan. Selain itu, sepatu, tas, dan ikat pinggang bermotif batik juga bisa jadi pilihan. (mel2)
FOTOGRAFER: AKHIRUDDIN
MODEL: JASMINE OLIVIA



Perhatikan Ini sebelum Pilih Batik

Batik merupakan baju khas warisan kebudayaan bangsa Indonesia. Suatu kebanggaan besar ketika memakai batik buatan asli Indonesia. Jika Anda pria modern dan mencintai budaya Indonesia, saya rasa Anda pasti punya minimal 1 baju batik di lemari pakaian Anda.

Batik yang merupakan suatu identitas bangsa mulai kembali trend dan dilestarikan akhir dekade ini. Yang dulu para pemuda enggan memakai batik karena batik berkesan tua, tidak gaya dan kolot itu kini mulai bangga memakai batik produk asli Indonesia. Berbagai macam corak unik dan warna menjadikan batik Indonesia ini sangat spesial. Hampir setiap daerah mempunyai motif/corak yang khas. Oleh karena banyak motif dan warna batik sehingga kadang kita bingung memilih batik mana yg cocok.
Jika dalam waktu dekat ini Anda berencana untuk menambah koleksi batik Anda, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih batik :

1. Fitting atau Ukuran
Ukuran atau fitting pada batik biasanya yang selalu menjadi problem. Banyak batik yang sudah jadi siap pakai mempunyai ukuran yang buruk. terlalu lebih ke samping, lengan yang terlalu lebar atau panjang dan masih banyak lagi.
Ukuran menjadi hal yang utama dalam memilih batik, karena seperti yang sudah dijelaskan pada artikel kami sebelumnya, “Fit Is King“. Fit yang dimaksud disini adalah bukan memakai batik yg super ketat tetapi batik yang pas sesuai bentuk tubuh Anda, tidak kebesaran dan tidak kekecilan.
Perlu diketahui juga style saat memakai batik kebanyakan diperuntukan memakai baju batik yang dikeluarkan, tidak dimasukan dalam celana (untucked). Oleh karena itu perlu diperhatikan agar tidak terlalu panjang atau terlalu pendek.
Gak peduli seberapa mahal batik yang Anda pakai, jika itu tidak pas di badan Anda maka penampilan Andalah yang akan terlihat “murah”.

2. Bahan
Yang membedakan kualitas dari suatu batik adalah bahan untuk membuat batik, yang terdiri dari bahan kain dan cara membatik. Bahan kain untuk batik beragam dari kain sutra sampai katun biasa. Sutra menjadi pilihan bahan yang berkualitas untuk membuat batik kelas High End. Sutra memang lebih nyaman untuk dipakai tetapi harganya biasaya lebih tinggi dibandingkan dengan bahan biasa. Selain bahan kain untuk batik, cara membatik-pun bisa menjadikan harga batik yang lebih tinggi, misalnya batik tulis mempunyai harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan batik lukis. Hal ini harus diperhatikan ketika memilih batik dan sesuaikanlah dengan budget anda. Tidak selamanya batik tulis berkain sutra dapat membuat anda tampil lebih keren daripada batik lukis berkain katun.

3. Warna
Secara garis besar dalam batik itu terdiri dari warna “tanah” dan warna motif atau corak batik. Yang perlu diperhatikan dalam memilih warna batik adalah warna dominan dasar batik atau biasa disebut background atau “tanah”. Warna dasar inilah yang bisa digunakan patokan Anda ketika memilih batik untuk dapat dipadu padankan dengan pakaian lainnya.
Warna gelap atau terang tergantung pilihan Anda untuk acara yang Anda kunjungi. Untuk acara kasual Anda bisa menggunakan warna-warna yang cerah, seperti merah, kuning, atau ungu. Sedangkan untuk acara formal Anda bisa memilih warna yang lebih gelap atau monokrom (hitam atau putih).

4. Motif
Indonesia sangat kaya akan budaya, suku, ras, dan agama. Oleh karena itu tiap daerah mempunyai motif atau corak batik yg berbeda-beda dan menjadikanya itu unik. Tidak ada salahnya Anda eksplor motif-motif batik yg unik dan khas, misalnya motif “mega mendung” menjadi motif khas pada batik Trusmi Cirebon atau motif batik Kalimantan yang khas berbeda dengan motif batik daerah lain. Pastikan bahwa perpaduan antara warna motif batik dengan warna dasar batik sesuai dan serasi.

5. Casual atau Formal
Sebelum Anda memutuskan untuk membeli baju batik, tentukan baju batik ini untuk acara formal, semi formal ataukah casual? Tidak ada patokan khusus batik mana yang kasual dan mana yang formal, tetapi tidak lucu kan jika Anda salah kostum karena salah pilih motif batik? Anda harus bisa membedakan batik mana yang kasual dan batik mana yang formal.
Sebenarnya tidak sulit untuk membedakannya. Yang harus Anda perhatikan adalah element penting dalam batik yaitu motif dan warna dasar. Untuk batik motif casual biasanya memiliki motif flora atau fauna ataupun yang lainya dan mempunyai warna dasar dominan yang terang. Selain kemeja lengan pendek, batik kasual bisa saja dalam bentuk polo shirt dan mempunyai model-model yang bervariasi mulai dari jahitan yang berwarna atau dari mengkombinasikan corak batik yang satu dengan yang lain. Sedangkan untuk batik formal lebih ke bentuk kemeja yang tidak terlalu banyak variasi model, hanya sekedar simpel dan minimalis dan mempunyai satu corak motif batik dengan warna-warna yang lebih soft dan elegan.
So sebelum Anda memakai batik ada baiknya Anda memperhatikan ke 5 hal tersebut. Jadi gak usah ragu lagi atau gak PeDe karena gak bisa tampil stylish pake Batik. (fsh/mel)

FOTOGRAFER: AKHIRUDDIN
MODEL: JASMINE OLIVIA


Tips untuk Wanita Kantoran

Perhatikan Padu Padan Warna Batik
Kedua, perhatikan pilihan warna ketika hendak menggunakan batik tersebut. Pilihan warna sangat menunjang padu padan pakaian yang kamu kenakan tersebut. Baju batik sangat cocok jika dipadukan dengan celana kain yang berwarna gelap atau cerah tergantung warna atasannya. Jangan menggabungkan baju batik dengan celana jeans karena itu akan mengurangi nuansa pakaian batik yang kamu kenakan. Pilihan warna baju batik untuk wanita biasanya adalah warna yang cerah seperti warna hijau muda, pink, dan juga biru muda. Jangan memilih warna yang gelap karena warna gelap biasanya cocok dipakai untuk para pria.

Pilih Pakaian Batik yang Berkualitas
Ketiga, kenyamanan adalah hal yang penting dalam mengenakan pakaian batik ini. Oleh karena itu kamu harus memilih baju batik yang berkualitas dan tidak murahan. Memang untuk membeli baju batik yang berkualitas,kamu harus merogoh kocek lebih dalam lagi namun hal tersebut bukanlah sebuah masalah terutama jika kamu adalah orang yang mengutamakan kualitas ketimbang harga. Biasanya batik yang berkualitas memiliki ciri-ciri berikut, yaitu: nyaman dipakai, tidak mudah luntur batiknya ketika dicuci, dan kain jahitannya tidak mudah lepas-lepas. Memilih baju batik yang tepat juga akan memperpanjang usia pakaian itu sendiri sehingga kamu nantinya akan bisa menggunakan pakaian tersebut dalam waktu yang lama.
Keempat, usahakan untuk memilih batik yang menggunakan material halus. Mengingat kamu akan menggunakannya untuk pakaian kantor, pilihlah kain batik yang mudah menyerap keringat dan tidak membuat kamu mudah gerah ketika dipakai. Bagi wanita yang melakuakn banyak aktivitas di kantor setiap hari, mereka tentunya membutuhkan pakaian batik yang semacam ini. Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk bisa memilih pakaian batik wanita kantor yang tepat. Dengan melakukan beberapa tips diatas, kamu tidak akan lagi mengalami masalah ketika hendak memilih pakaian batik. Batik juga pada dasarnya merupakan salah satu pakaian yang menyimbolkan keindahan Indonesia. Jika kamu bangga dengan seni Indonesia, kenakanlah pakaian batik. (mel2)

 



No comments:

Post a Comment