Sunday 2 August 2015

Tenggorokan Gatal? Segera Garuk Telinga




Sakit tenggorokan umumnya disebabkan oleh virus. Gejala sakit tenggorokan meliputi rasa sakit, sensasi terbakar atau gatal di belakang tenggorokan, nyeri saat menelan, dan nyeri di leher. Kondisi itu juga bisa disertai dengan batuk, bersin, demam, dan pembengkakan kelenjar getah bening.
Apabila sakit tenggorokan berlangsung selama lebih dari seminggu, Anda harus segera memeriksakannya ke dokter. Namun, tahukah Anda apa perbedaan antara sakit tenggorokan dan radang tenggorokan? Sebab, kebanyakan orang menganggap mereka sama, padahal tidak.
Sakit tenggorokan sendiri merupakan istilah generik yang digunakan untuk menggambarkan rasa tidak nyaman dan nyeri di daerah tenggorokan. Sementara itu, radang tenggorokan adalah infeksi bakteri yang terjadi pada tenggorokan dan amandel, yang kemudian memicu sakit tenggorokan.
Sangat penting untuk dicatat bahwa tidak semua kasus sakit tenggorokan bisa dikatakan sebagai radang tenggorokan. Radang tenggorokan secara khusus disebabkan oleh kelompok bakteri A Streptococcus. Kondisi ini memiliki tanda-tanda dan gejala khusus, serta membutuhkan pengujian laboratorium untuk membantu membuat diagnosis tertentu. (mds/mel)


Saat penyakit batuk datang, pasti ada satu hal yang tidak Anda sukai yaitu tenggorokan yang gatal. Gatal dipadu dengan tenggorokan kering membuat Anda bingung untuk melakukan hal apa untuk mengatasinya. Jika Anda 'menggaruknya' dengan batuk mungkin bisa hilang namun hanya sekejap. Namun rasa gatal itu datang kembali. Jika Anda biarkan, rasanya begitu gagal hingga membuat Anda sulit untuk berbicara. 

Membingungkan bukan? Jika Anda sedang menghadapi masalah tersebut, cobalah cara unik berikut untuk 'menggaruk' tenggorokan Anda yang gatal. Dilansir dari dailymail.co.uk, cara unik tersebut adalah dengan menggaruk pelan telinga Anda.
"Menggaruk telinga dengan saat tenggorokan Anda gatal mampu merangsang saraf tenggorokan Anda. Saraf ini secara refleks akan membuat gerakan yang kejang otot yang mampu menghentikan rasa gatal," terang penelitian ini. "Hal ini menjadi salah satu bukti bahwa nyatanya saraf telinga, hidung, dan tenggorokan Anda menyambung." (mdk/mel)
 
Marshmallow Redakan Sakit Tenggorokan

Penyakit radang tenggorokan yang disertai dengan demam atau pilek merupakan jenis penyakit yang dengan mudah ditemui kapan saja tidak bergantung pada musim. Ya, kombinasi penyakit tersebut bisa menjangkiti siapa saja terutama bagi mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah namun punya segudang aktivitas.

Terkadang demam yang menyertai sebenarnya disebabkan karena adanya infeksi pada tenggorokan Anda. Biasanya dokter akan memberikan Anda resep berupa obat antibiotik yang berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab sakit tenggorokan. Namun dilansir dari dailymail.co.uk ternyata ada cara mudah yang bisa Anda coba untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Cara tersebut adalah dengan mengunyah marshmallow.

Kandungan gelatin di dalam camilan manis inilah yang dinilai oleh para ahli kesehatan mampu meringankan iritasi dan rasa sakit karena sakit tenggorokan. "Hanya dengan mengonsumsi 3-4 buah marshmallow setiap hari maka penyakit sakit tenggorokan Anda bisa berangsur-angsur hilang," tulis penelitian ini.

Ternyata ada banyak bahan alami di sekitar Anda yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat dari segala macam penyakit ringan Anda. Dan tentu saja pengobatan tersebut minim akan efek samping. Tinggal dari Anda saja mau mencobanya atau tidak. (mdk/mel)

No comments:

Post a Comment