Friday 25 September 2015

Radiasi Ponsel Picu Kanker hingga Penyakit Otak




Radiasi dari perangkat nirkabel seperti ponsel dan tablet telah dikaitkan dengan sejumlah risiko kesehatan, mulai dari kanker hingga penyakit otak seperti Parkinson dan Alzheimer.
Radiasi menyebabkan ketidakseimbangan dalam tubuh atau biasa disebut stres oksidatif. Dan stres oksidatif memiliki ikatan yang erat dengan penyakit degeneratif, khususnya kanker.
"Setelah terpapar radiasi perangkat nirkabel dalam waktu lama, seseorang kemungkinan besar mengalami gangguan-gangguan kecil seperti sakit kepala, kelelahan, dan iritasi kulit," kata Dr Igor Yakymenko dari National Academy of Sciences Ukraina.

Dia juga mengatakan kepada New York Daily News bahwa menggunakan ponsel hanya 20 menit sehari selama lima tahun dapat meningkatkan risiko tumor otak hingga tiga kali lipat. Dan menggunakan telepon satu jam sehari selama empat tahun, menurut Igor, bisa menaikkan risiko tumor otak tiga sampai lima kali lipat.
Penelitian ini telah diterbitkan dalam jurnal Electromagnetic Biology & Medicine. Ini dianggap sebagai penelitian terbaru dalam upaya mengeksplorasi keamanan dalam menggunakan ponsel.


Case sebagai Penahan

Tidak dapat dipungkiri, di jaman modern yang menuntun kita untuk serba cepat seperti saat ini, alat komunikasi seperti handphone dan gadget memang hampir tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Namun dibalik segala kemudahan yang diberikannya, ternyata penggunaan handphone secara berlebihan juga dapat mengancam kesehatan. Maka dari itu, ada beberapa hal yang harus kita lakukan untuk mengurangi bahaya yang ditimbulkan oleh alat komunikasi tersebut.

1. Hindari menaruh handphone di saku celana
Mungkin masih banyak di antara Toppers yang memiliki kebiasaan yang mengantongi handphone di saku celana dengan alasan agar mudah untuk diambil. Namun ternyata hal tersebut justru akan membuat tubuh kita semakin mudah terkena radiasi yang ditimbulkan karena handphone menempel secara tidak langsung dengan tubuh kita. Oleh karena itu, untuk mengurangi dampak radiasinya, lebih baik simpan handphone kamu di dalam tas daripada mengantongnya di saku celana kamu.

2. Jauhkan handphone dari tubuh saat tidur
Tidur dengan meletakkan handphone di dekat tubuh apalagi di dekat kepala dapat berakibat buruk bagi kesehatan tubuh kita, seperti memicu kanker otak dan menurunkan tingkat kesuburan. Oleh karena, lebih baik kamu meletakkan handphone dengan jarak yang jauh dari tubuh kamu, bila perlu matikan handphone saat kamu tidur.

3. Gunakan headset atau loudspeaker
Untuk mengurangi paparan radiasi dari handphone, sebaiknya kamu menggunakan headset atau loudspeaker saat menelpon, terutama jika menelpon dalam waktu yang cukup lama. Karena jika menempel langsung pada salah satu bagian tubuh kita, seperti telinga, maka radiasi yang dihasilkan oleh handphone akan semakin mudah menyerap ke dalam tubuh kita. Selain itu, radiasi juga akan meningkat saat kita menerima atau melakukan panggilan telepon.

4. Jangan menggunakan handphone saat sedang di-charge
Menggunakan handphone yang dalam keadaan sedang di-charge akan menyebabkan panas pada handphone meningkat, apalagi jika kamu membuka aplikasi yang berat seperti internet dan game. Hal tersebut juga dapat memicu terjadinya korsleting pada perangkat handphone yang pada akhirnya dapat menyebabkan handphone meledak. Oleh karena itu, jika benar-benar tidak diperlukan, sebaiknya hindari menggunakan handphone ketika sedang di-charge. Bila perlu istirahatkan handphone kamu sejenak dengan mematikannya.

5. Hindari penggunaannya saat sinyal lemah
Ketika sinyal melemah, maka handphone akan berusaha keras untuk mencari sinyal sehingga membuat frekuensi radiasi yang dihasilkan semakin tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya hindari menggunakan handphone, terutama untuk menelpon, saat sinyal dari jaringan provider yang kamu gunakan sedang buruk. Bila perlu, ubah mode handphone kamu ke mode flight.

6. Gunakan aplikasi chat dan SMS daripada menelpon
Jika memang tidak terlalu penting, sebisa mungkin kurangi penggunaan handphone untuk menerima dan melakukan panggilan telepon. Akan lebih baik jika kamu mengobrol dengan teman kamu melalui aplikasi chat yang saat ini sudah banyak bermunculan, atau menggunakan SMS.

7. Gunakan case sebagai penahan radiasi
Saat ini sudah banyak produsen case handphone yang mengeluarkan case yang diklaim mampu menahan paparan radiasi yang dihasilkan dari handphone. Case ini memang tidak dapat benar-benar menghilangkan radiasi yang dihasilkan oleh handphone, namun setidaknya mampu mengurangi frekuensi radiasi yang masuk ke tubuh kita. (tkp/mel)
 

No comments:

Post a Comment